Text
Semiotika dalam riset komunikasi
Buku ini mudah dipahami, dengan bahasanya yang runtut dan enak dibaca, bahkan oleh mahasiswa tingkat sarjana (S1) sekalipun. Oleh karena itu meskipun semiotika adalah bidang yang cukup pelik, kepelikannya itu tidak seberat uraian-uraian tentang bidang yang sama dalam buku-buku lain yang ditulis dalam Bahasa Indonesia, apalagi dalam Bahasa asing. Salah satu kelebihan buku ini adalah sistematikanya yang bersahaja. Fokusnya adalah pada semiotika media. Secara runtut, penulis membahas pengertian semiotika, hubungan antara Semiotika dan Komunikasi (bab I) lalu disusul dengan teori dan model Semiotika berdasarkan pandangan para tokoh Semiotika (Bab II). Inti dari buku ini sebenarnya terletak pada uraian selanjutnya (Bab III), yakni tentang prosedur penelitian Semiotika. Lalu pada bab-bab selanjutnya penulis menguraikan penerapan Semiotika dalam konteks yang berbeda-beda, yakni dalam iklan (Bab IV), dalam fotografi (bab V), dan dalam film (Bab VI). Dalam video game (Bab VII), pada edisi revisi kali ini penulis menambahkan 2 bab yaitu analisis semiotika paradigmatic (Bab VIII), dan semiotika Post Strukturalis/pasca strukturalis dari Jaques Derrida (Bab IX). Bab X berisi penutup yang merupakan kesimpulan dari isi buku ini.
Tidak tersedia versi lain