Text
Medianomics : ekonomi politik media di era digital
Dalam telaah kajian industri media, media dan profesi jurnalis yang berada dalam satu konsep industri senantiasa terlibat dalam dialektika kehidupan sepanjang masa. Setiap pekerja media mempunyai pandangan dan konsepsi yang berbeda atas suatu peristiwa. Pembentukan konstruksi realitas dalam pemberitaan, sangat dipengaruhi oleh hubungan kekuatan-kekuatan sosial yang melingkupi media dan berbagai tekanannya. Ia juga subjek yang mengkonstruksi realitas lengkap dengan pandangan, bias dan pemihakannya. Di sini media dipandang sebagai agen konstruksi sosial yang mendefenisikan realitas. Idealnya, bahwa setiap media menyajikan secara utuh suatu peristiwa, namun pada kenyataannya, banyak penelitian membuktikan bahwa isi media tidak selalu mencerminkan seluruh realitas sosial yang ingin disampaikan. Media bergantung pada kepentingan ekonomi dan ideologi yang dibangun. Tidak serta merta mengikuti nilai kebutuhan publik, melainkan mengikuti kebutuhan elit media. Produksi berita di media massa pada dasarnya merupakan penyusunan realitas-realitas hingga membentuk sebuah “cerita”. Maka tugas redaksional media adalah menceritakan peristiwa-peristiwa secara “konstruksional”. Buku ini membahas secara ringkas tentang kajian ekonomi politik media, baik media massa konvensional maupun media baru. Tulisan dalam buku ini sebagian merupakan kajian teori dalam penelitian disertasi penulis yang mengkaji tentang Pertarungan Wacana Suksesi Kepemimpinan di Yogyakarta dalam Tiga Media. Meskipun utamanya ditujukan bagi pembaca di kalangan akademis, tidak menutup kemungkinan buku ini juga dapat memancing diskusi di antara pembaca nonakademis yang berminat dengan kajian industri media.
Tidak tersedia versi lain