Manajemen Sumber Daya Manusia sebagai suatu bidang studi yang khusus mempelajari peranan dan hubungan manusia dalam mencapai tujuan organisasi / perusahaan terus dikembangkan hingga sekarang. Dengan MSDM, pihak manajemen perusahaan akan dapat mengarahkan karyawan secara benar sehingga potensinya berkembang. Lebih lanjut tujuan organisasi/perusahaan akan lebih mudah tercapai. Jadi, tidak ada sal…
Pasar (markets) adalah institusi yang memungkinkan terjadinya pertukaran melalui tawar menawar atau pelelangan. Institusi memungkinkan peran krusial dalam mengalokasikan sumber daya dan juga membantu menentukan distribusi pengaruh politik, sosial, dan intelektual.
Buku ini merupakan kristalisasi dari pengalaman selama 30 tahun menggeluti dunia komunikasi pemasaran yang ditulis oleh praktisi yang telah sukses membawa brand – brand Indonesia menjadi pemimpin pasar. Konsep integrated marketing communication (IMC) dalam buku ini dirumuskan secara holistic dan sistematis yang disebut the 3P : Philosophy, principles, practice. IMT that sells merupakan sekuel…
Buku ini tersusun atas tujuh belas bab dengan judul Pengantar Akuntansi (Memahami Akuntansi Dasar). Setiap bab dibahas secara terperinci dengan subbab: Ruang Lingkup dan Sejarah Akuntansi; Persamaan Akuntansi dan Contohnya; Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang; Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa; Fungsi dan Sistem Akuntansi; Bukti Transaksi; Tahapan Pencatatan Transaksi Keuangan; Jurnal Umum dan Ju…
Sistematika penyusunan buku ini terdiri atas tujuh belas bab, dengan judul Manajemen Bisnis: Teori, Strategi, Implementasi, dan Indikator Keberhasilan Bisnis. Pembahasan diuraikan secara rinci dalam setiap bab berikut. Pengantar Bisnis; Tata Kelola Organisasi; Konsep Benchmarking Bisnis; Analisa SWOT dalam Bisnis; Business Model Canvas; Strategi Menciptakan Pangsa Pasar; Siklus Hidup Perusahaan…
Buku ini tersusun atas sembilan belas bab dengan judul Manajemen Pemasaran (Implementasi Marketing 4.0). Setiap bab dibahas secara terperinci dengan subbab: Konsep dan Prinsip Manajemen Pemasaran; Penerapan Konsep Inti Pemasaran dalam Bisnis; Digital Marketing Era Revolusi Industri 4.0; Implementasi Marketing 4.0 dalam Dunia Usaha; Strategi Marketing 4.0 dan Hubungannya dengan Big Data; Konsep …
Buku ini tersusun atas lima belas bab. Setiap bab dibahas secara terperinci dengan subjudul berikut: Konsep dan Ruang Lingkup Perpajakan; Teori Pemungutan Pajak; Sistem dan Prinsip Perpajakan di Indonesia; Peran Pajak bagi Pembangunan Nasional; Pentingnya Pajak dalam Perekonomian; Tata Cara Pengenaan dan Penyetoran Pajak; Penerapan Sistem Pemungutan Pajak; Hak dan Kewajiban Wajib Pajak; Aspek P…
Sistematika penyusunan buku ini terdiri dari dua puluh dua bab, dengan judul Dasar-Dasar Akuntansi (Konsep, Teori, dan Prinsip). Adapun pembahasan secara terperinci dengan subbab: Teori Akuntansi dan Perkembangannya; Peran dan Fungsi Akuntansi bagi Perusahaan; Prinsip Dasar dan Persamaan Akuntansi; Sisitem Akuntansi dan Komponennya; Siklus Akuntansi Perusahaan Manufaktur; Siklus Akuntansi Perus…
Buku ini menjawab pertanyaan: Bagaimana cara kerja dunia 4.0 sesungguhnya? Logika di balik bisnis bakar-bakar duit Ujung perjalanan dari Digital Enterprise (apa yang mereka cari) Kenapa start-up tanpa aset nyata dan masih merugi nilainya bisa puluhan bahkan ratusan miliar dolar? Bahkan sampai diperebutkan? Bagaimana menganalisis konsep digital start-up yang potensial dengan 1-2 halaman saj…
Strategi Pemasaran, Prinsip Dan Penerapan adalah buku yang ditulis oleh seorang akademisi dan praktisi pemasaran, Fandy Tjiptono. Buku ini mengulas rinci definisi, domain, dan dinamika strategi dalam bauran pemasaran; strategi kepuasan pelanggan; strategi pasar; strategi branding; dimensi dalam bauran pemasaran; strategi pemasaran dalam siklus hidup produk; serta strategi pemasaran berdasarkan …
Buku investasi dan pasar modal indonesia membahas mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan investasi secara umum dan berinvestasi pada pasar modal di indonesia. Dalam berinvestasi pada pasar modal terdapat beberapa instrumen investasi yang dapat dijadikan aset untuk menempatkan dana, seperti saham, obligasi, reksa dana, opsi, warrant, right iisue, dan lain lain. Setiap investor yang bervaria…
Pemasaran Relasional, Asas, Strateji, dan Kon teks merupakan buku ajar per tama mengenai pemasaran relasional yang ditulis dalam bahasa Indonesia. Hal ini didasarkan dengan kebutuhan mendesak buku ajar yang menjelaskan secara komprehen sif pelbagai paradigma teoretis dan konseptual, topik yang luas, ragam perspektif, dan represen tasi ilmiah dari pemasaran relasional. Dengan demikian, pembaca d…
Beretika dalam berbisnis adalah suatu pelengkap utama dari keberhasilan para pelaku bisnis. Bisnis yang sukses bukan hanya dilihat dari "Bottom Line" haisl usaha, tetapi juga tercermin dari perilaku serta sepak terjang si pelaku bisnis dalam proses berbisnis.
Setiap akhir bahasan selalu ada latihan soal yang berfungsi sebagai bahan evaluasi dari setiap bab yang dibahas. Selain Latihan soal juga memberikan contoh-contoh soal yang membahas kajian materi. Latihan soal ini sangat bermanfaat bagi pembaca untuk mengukur keterserapan atas materi-materi yang dibahas sehingga dapat dijadikan barometer dalam memahami materi. Selain itu juga menjadikan kekhasa…
Buku ini menyajikan sebuah pandangan modern dari fungsi operasi. Operasi merupakan sebuah area menarik dari manajemen yang memiliki efek yang besar dalam produktivitas. Bahkan, beberapa aktivitas lainnya memiliki dampak yang sama besarnya pada kualitas kehidupan kita.
Buku ini merupakan kodifikasi berbagai pernyataan standar profesi (termasuk kode etik) akuntan publik. Pernyataan standar profesi yang dikodifikasi dalam buku ini terdiri dari: (i) Pernyataan Standar Auditing (“PSA”), (ii) Pernyataan Standar Atestasi (“PSAT”), (iii) Pernyataan Standar Jasa Akuntansi dan Review (“PSAR”), (iv) Pernyataan Standar Jasa Konsultansi (“PSJK”), (v) dan …
Buku ini merupakan hasil dari survei pasar yang luas, ulasan bab, serta korespondensi dengan para pengajar dan mahasiswa. Buku ini membentuk sebuah jalur khusus dalam analisis laporan keuangan, salah satunya dengan merespons permintaan dan kebutuhan para analis saat ini.
Buku Praktikum Penganggaran Bisnis adalah pelengkap mata kuliah Penganggaran Bisnis. Dalam buku ini, setiap pokok bahasan diberikan dasar teori ringkas, serta tujuan instruksional umum dan tujuan instruksional khusus agar mahasiswa mengingat dan mengerti setiap praktikum yang akan diselesaikan. Kesadaran akan pentingnya setiap pokok bahasan dalam praktikum akan membentuk pola pikir dan fungsi s…
Buku ini menyajikan contoh kasus yang lebih terkini untuk diaplikasikan. Berbeda dengan edisi sebelumnya, beberapa kasus dalam edisi ini merujuk pada PSAK terkait. Buku ini terdiri dari 10 kasus suatu perusahaan. Praktikum ini terdiri atas dua buku, yaitu buku Kasus dan Buku Kertas Kerja. Buku Kasus berisi kasus-kasus yang harus dikerjakan alam buku kertas kerja.
Buku ini merupakan revisi dari edisi sebelumnya, yang menyajikan contoh kasus yang lebih terkini untuk diaplikasikan. Beberapa kasus dalam edisi ini merujuk pada PSAK terkait, untuk memperkenalkan perlakuan Standar Akuntansi Keuangan terkait kasus-kasus akuntansi kepada mahasiswa.
Penerapan fungsi GRC merupakan faktor kunci yang sangat menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam meingkatkan kinerja secara berkesinambungan(sustainable). Pelaksanaan fungsi GRC akan menopang manajemen untuk menemukan berbagai cara baru dalam upaya mengubah kewajiban regulasi, governance dan manajemen risiko menjadi peluang strategis
Pemasaran merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dalam dunia bisnis. Pemasaran merupakan faktor penting sebagai strategi perusahaan dalam menjalankan usahanya, yang terutama berhubungan dengan konsumen. Buku “DIGITAL MARKETING: Revolusi Pemasaran Tradisional Menuju Masa Depan” ini memberikan jawaban dalam dunia pemasaran yang dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat dinamis…
Sekalipun pemungutan pajak sudah diatur dalam perundang-undangan perpajakan, harus diakui dan dipahami bahwa segala sesuatunya tidak selalu berjalan sesuai dengan proses hukum yang diinginkan kedua belah pihak, baik pemerintah selaku pemungut pajak maupun masyarakat yang terkena pajak. Persengketaan yang terjadi dalam proses pemungutan pajak menjadi hal lazim sepanjang masing-masing pihak memil…
Buku ini berperan penting bagi beberapa pihak, di antaranya menjadi referenst ütama dalam pengembangan kurikulum dan pendidikan akuntansi berbasis Akuntansi Hijau. Bagi dosen dan mahasiswa 5-1, 5-2 dan 5-3 Akuntansi dan Bisnis dalam pengembangan isu-isu riset dan aplikasi akuntanst, keuangan, dan bisnis hijau. Bagi pemerintah, dewan standar akuntansı, dan profesi akuntan (IAL IAPI, dan IAMI),…
Buku ini membahas cara menguraikan persoalan persoalan bisnis, ekonomi dan produksi, merumuskannya secara matematis, dan kemudian ,emue;esaolammua dengan metode metode yang lazim digunakan dalam operation research
Buku ini akuan membahas mengenai kode etik profesi akuntan di Indonesia yang mulai efektif per 31 desember 2021
Materi buku ini terdiri dari ruang lingkup akuntansi, laporan keuangan, persamaan akuntansi, proses akuntansi yang terdiri dari dokumen transaksi, jurnal, buku besar, neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca lajur (worksheet), laporan keuangan, proses akhir akuntansi yaitu jurnal penutup dan jurnal pembalik.
Buku ini merupakan adopsi dari IFRS for SMEs dengan mempertimbangkan kondisi di Indonesia. SAK EP ditujukan untuk entitas privat, yatu entitas yang tidak memiliki akuntabilitas publik dan menerbitkan laporan keuangan untuk tujuan umum bagi pengguna eksternal. Entitas yang memiliki akuntabilitas publik dapat menerapkan SAK EP jika diizinkan oleh regulasi otoritas berwenang.
In the digital economy, data have become a valuable commodity, much in the way that oil is in the rest of the economy (Wedel and Kannan 2016). Data enable market researchers to obtain valuable and novel insights. There are many new sources of data, such as web traffic, social networks, online surveys, and sensors that track suppliers, customers, and shipments.
Do numbers have a life of their own or do we give them meaning? How do data play a role in constructing people’s perceptions of the world around them? How far can we trust numbers to speak truth to power? The COVID-19 pandemic offers a unique moment to answer these questions. This book examines how politicians, experts and journalists gave meaning to data through the story of seven iconic …
This book is structured so that each section builds on the previous one, progressing from simpler concepts to more complicated ones. However, the book is also assembled so that you can flip directly to a chapter or specific topic to find the exact information you seek, such as information on buying a home or planning for retirement. Imagine that your financial journey is like a cross-country r…