Dalam telaah kajian industri media, media dan profesi jurnalis yang berada dalam satu konsep industri senantiasa terlibat dalam dialektika kehidupan sepanjang masa. Setiap pekerja media mempunyai pandangan dan konsepsi yang berbeda atas suatu peristiwa. Pembentukan konstruksi realitas dalam pemberitaan, sangat dipengaruhi oleh hubungan kekuatan-kekuatan sosial yang melingkupi media dan berbagai…
Komunikasi ada di mana-mana: di rumah, di kampus, di kantor, di masjid, bahkan di bioskop. Komunikasi menyentuh segala aspek kehidupan kita. Sebuah penelitian mengungkapkan 70% waktu bangun kita digunakan untuk berkomunikasi. Komunikasi menentukan kualitas hidup kita. Kualitas hidup kita, hubungan kita dengan sesama manusia, dapat ditingkatkan dengan memahami dan memperbaiki komunikasi yang k…
ilmu komunikasi adalah bagian dari ilmu sosial.
In Part I, the bases are laid down for an account of human communication that may be plausible from a cognitive point of view. There are different possible approaches to the theory of communication. A perennial intuition in the history of philosophy, for instance, has always suggested that communication essentially consists in the transmission of codified information from one individual to anot…
Most PR books tell you how to “spin” your message. People are sick of that! Spin Sucks will teach you how to communicate honestly, responsibly, openly, and authentically…and truly earn the trust of your customers, stakeholders, investors, and communities. Top PR thought leader and blogger Gini Dietrich runs the number one PR blog in the world, spinsucks.com, where she shares cutting-edge…
The sixth edition of Strategic Planning for Public Relations offers an innovative and clear approach for students wanting to learn how to develop public relations campaigns. Ron Smith shows how to implement research-driven strategic campaigns, drawing on his experience as a professional in the industry and his teaching in the classroom. He turns complex problem-solving and decision-making pr…
Designed for communication/ media educators and graduate students, Teaching communication and media studies is a practical and conceptual guide to teaching university courses in communication and media studies. Relying on her extensive experience instructing graduate students on the ins and outs of teaching., Jan Fernback discusses theoretical and applied topics central to contemporary mediated…
Sebagai seorang praktisi Public Relations tentunya memiliki etika profesi atau kode etik yang harus dilaksanakan. Perihal yang berkaitan dengan ketaatan pada kode etik Public Relations harus menjadi ciri khas tersendiri bagi seorang Public Relations yang professional. Etika dalam Public Relations berkaitan dengan etika perilaku sehari-hari terhadap Integritas pribadi, klien, perusahaan, media,…
Bukan hanya penting untuk mahasiswa, buku ini juga bermanfaat bagi pembaca umum, terutama dosen ilmu komunikasi, praktisi, pegiat literasi media, dan orang-orang yang terusik betapa media basa sangat memengaruhi kehidupan manusia dan kemajuan bangsa
Buku ini diperuntukkan sebagai salah satu referensi bagi mahasiswa komunikasi, dan sebagai bahan ajar untuk tingkat perguruan tinggi. Buku ini juga diharapkan berguna bagi praktisi komunikasi guna mengkaji permasalahan yang ada di masyarakat
Buku ini membahas komunikasi visual dalam perspektif linguistik. Melihat proses tanda diterapkan melalui elemen grafis baik dalam fotografi, tulisan, logo, atau ilustrasi visual lain. Harapannya, melalui buku ini akan terbentuk pemahaman dasar komunikasi visual. Eksesnya, setiap insan komunikasi bukan hanya dapat memahami representasi visual dengan akurat tetapi juga mampu menyusun pesan visual…
Buku ini mudah dipahami, dengan bahasanya yang runtut dan enak dibaca, bahkan oleh mahasiswa tingkat sarjana (S1) sekalipun. Oleh karena itu meskipun semiotika adalah bidang yang cukup pelik, kepelikannya itu tidak seberat uraian-uraian tentang bidang yang sama dalam buku-buku lain yang ditulis dalam Bahasa Indonesia, apalagi dalam Bahasa asing. Salah satu kelebihan buku ini adalah sistematikan…
Dalam dunia jurnalistik, media merupakan salah satu media komunikasi massa yang memegang peranan penting. Radio menyampaikan pesan dengan cepat dan akurat. Selain itu, radio bersifat personal sehingga setiap pesan dapat dimaknai secara unik. pribadi, customized. Dunia radio sendiri begitu dinamis. Walaupun banyak pihak sempat meramalkan 'matinya radio' karena tergantikan oleh televisi, dalam pe…
Penelitian dalam bidang ilmu komunikasi merupakan penelitian yang unik dan terus berkembang baik dari aspek pendekatan, metode, jenis maupun bentuknya. Terlebih lagi dengan objek yang ditelitinya berkembang begitu cepat seiring melesatnya fenomena dunia komunikasi. Untuk itu, para peneliti dalam bidang ini tidak dapat hanya mengandalkan satu atau dua pendekatan dan metode penelirian yang tepat,…
Buku yang terdiri dari enam bab ini dirangkai secara sistematis dari satu bab ke bab berikutnya sehingga mudah dipahami. Bahasa yang digunakan pun bahasa ilmiah populer tanpa mengurangi landasan teori dan konsep ilmiah dari ilmu komunikasi. public relation, jurnalistik/ publisistik dan manajemen.
Mengingat pentingnya bagi praktisi PR untuk menempuh proses komunikasi yang menjangkau semua publik kunci organisasi, termasuk publik yang tersebar di berbagai tempat yang tidak mungkin disampaikan secara lisan, maka tidak ada pilihan lain bagi proktisi PR kecuali harus pula menempuh proses komunikasi melalui tulisan. Buku ini menyajikan secara lengkap ragam bentuk penulisan yang dibutuhkan …
Sejak YouTube menjadi media sosial di Indonesia, konstelasi atau landscape industri digital pun mengalami perubahan yang cepat dan dinamis. Bagi anak muda era sekarang, mobile smartphone lebih menarik dibandingkan tayangan TV yang tidak mempunyai genre dan konten baru. Di era post-televisi, audiens tak lagi hanya menjadi konsumen pasif, tetapi juga berperan aktif dalam menghasilkan konten da…
Buku ini terdiri dari tiga bagian utama. Tiga bagian tersebut bertujuan membentuk individu untuk masuk dalam situasi komunikasi kelompok.
Bila kita melihat definisi marketing menurut AMA (The American Marketing Association) yakni, “Marketing is an organizational function and a set of processes for creating, communicating, and delivering value to customers and for managing customer relationships in ways that benefit the organization and its stakeholders”. Anda banyak menermukan definisi ini dibanyak buku pedoman anda. Sedik…
Pengantar Ilmu Komunikasi tidak saja penting sebagai pegangang mahasiswa jurusan ilmu komunikasi.
A state-of-the-art collection of original, research-based essays exploring new directions in radio and audio research
The Digital Closet unpacks and answers the question of “whose community” is being kept safe when so-called community-safety policies regarding human sexuality are imposed onto online communities. There is a moral gravity here. Our experience of the internet, and therefore our ability to work, play, grow, heal, and love, has been warped by structures of power only accountable to themselves. …
Buku yang berjudul Ilmu Komunikasi ini hadir sebagai bagian dari upaya untuk menambah khazanah, diskusi Ilmu Komunikasi. Akan tetapi pada akhirnya kami mengakui bahwa tulisan ini terdapat beberapa kekurangan dan jauh dari kata sempurna, karena sejatinya kesempurnaan hanyalah milik tuhan semata. Maka dari itu, kami dengan senang hati secara terbuka untuk menerima berbagai kritik dan saran d…
Buku berjudul Komunikasi Politik: Pesan, Kepemimpinan dan Khalayak bersumber dari disertasi Bidang Kajian Utama Ilmu Komunikasi, Program Doktor Universitas Padjadjaran Bandung, berjudul “Kredibilitas Opinion Leader Pedesaan (Studi tentang Perubahan Peran Pemuka Pendapat di Desa-Desa Lokasi Industri)”. Disertasi dipertahankan dalam ujian terbuka pada bulan Januari 2004.
Komunikasi merupakan nafas dari keberlangsungan sebuah organisasi. Suatu organisasi tidak akan berjalan tanpa adanya komunikasi. Komunikasi organisasi pada umumnya membahas tentang struktur dan fungsi organisasi, hubungan antarmanusia, komunikasi dan proses perorganisasian serta budaya organisasi. Komunikasi organisasi diberi batasan sebagai arus pesan dalam suatu jaringan yang sifat hubunganny…
Eureka…eureka…sebuah reaksi verbal spontan dari seorang Archimides ketika berhasil menemukan formula hasil dari eksperimen dan verifikasi berulang ulang pada satu zat cair yang bernama air. Sementara di belahan dunia yang lain pada abad awal dimana berdasarkan mainstream sejarah, filsafat barat berkembang pada dua dominasi entitas, Athena dengan para sophis (cendekiawan) dan Sparta den…
With Give and Take, Adam Grant not only introduced a landmark new paradigm for success but also established himself as one of his generation’s most compelling and provocative thought leaders. In Originals he again addresses the challenge of improving the world, but now from the perspective of becoming original: choosing to champion novel ideas and values that go against the grain, battle conf…
Hakikat manusia sebagai makhluk sosial mendorong manusia untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Komunikasi digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi. Dengan demikian, wawasan dan pengetahuan manusia berkembang. Proses komunikasi ini terjadi sejak manusia hadir dalam kehidupan. Sejak manusia hadir dalam kehidupan, sejak itu pula terjadi proses pertukaran ide, informasi, gagasan,…