Marketing's purpose always is to enhance people's lives and contribute to the Common Good. —Philip Kotler To all Asians, especially my Asia Marketing Federation brothers and sisters. We at MarkPlus, Inc. are very proud to collaborate with Philip Kotler as a knowledge lab for many books since 1998, including the Marketing X.0 series. —Hermawan Kartajaya Dedicated to the loving memory…
Tekanan krisis dipercayai membuat para praktisi pemasaran lebih pintar dan banyak belajar. Terutama dalam memahami konsumen yang belakangan mengalami dinamika mahadahsyat. Kasus pemasaran asli Indonesia ini setidaknya hadir di masa transisi ketika ekonomi sedang di puncak emas (1996) hingga saat perekmian mulai terkoyak dan kian rapuh di 1999. Ada satu hal yang menarik dicermati: pantang menyerah.
Kasus pemasaran yang terjadi di Indonesia cukup banyak. Semua keberhasilan ini tidak terlepas dari strategi pemasaran canggih yang dijalankan oleh masing-masing perusahaan. Bagaimana mereka berhasil mempersepsikan keinginan dari masing-masing pelanggan untuk meraih keberhasilan.